NEWS
DETAILS
Kamis, 02 Feb 2017 08:49 - Honda Bikers Aceh

Di indonesia khususnya pengguna motor matic mungkin sudah cukup banyak ,baik itu kaum adam maupun hawa yang mengendarai motor tersebut. Motor matic memang butuh perawatan khusus dari pemilikinya,terlebih sekarang motor matic sudah banyak menggunakan teknologi injeksi yang dimana dalam perawatanya membutuhkan tenaga ekstra keras karena perawatanya tidak semudah menggunakan karburator. Jika anda pengguna motor matic mungkin tips dibawah ini yaitu bagaimana cara merawat motor matic bisa anda coba dan praktekan di rumah agar mesin motor tetep awet dan tahan lama.

OK Mungkin langsung saja berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba praktekan dirumah , tips ini kesimpulan dari berbagai sumber :

  1. Panasi Motor terlebih dahulu sebelum digunakan.
    Hal yang tidak wajar jika saat motor dibutuhkan anda langsung gas tanpa melakukan pemanasan pada mesin motor.Coba biasakan sebelum motor digunakan anda panasi terlebih dahulu mesin motor anda , agar oli keseluruhan bisa tercampur di dalam mesin sehingga performance bisa maksimal.Untuk melakukan pemanasan mesin cukup menghidupkan selama 5 sampai 10 Menit.
  2. Jangan Sering Mengubah Kecepatan Laju
    Usahakan untuk saat ini jika anda menggunakan motor matic jangan biasakan dalam kecepatan kecang kemudian tiba tiba me rem mendadak dan menarik gas lagi hingga kencang dan me rem lagi hal tersebut akan membuat mesin motor matic anda cepet rusak.
  3. Selalu Cek Bahan Bakar (Bensin)
    Kebanyakan orang saat bensin mau habis baru melakukan pengisian ,ada juga yang lebih parah lagi ,sampai motor tidak bisa di jalankan baru di isi bahan bakar (bensin). Nah hal tersebut jangan sampai terulang kembali , usahakan jarum penunjuk bahan bakar jangan sampai di posisi E atau empty apa lagi lewat dari huruf E di info speedometer. Usahakan untuk selalu mengisi bensin motor anda jangan sampai kosong.
  4. Rutin untuk selalu mengganti oli motor
    Bagi anda yang mempunyai motor matic usahakan untuk rutin mengganti oli motor .Untuk jadwal pergantian oli motor itu dilakukan setiap 1000 KM dan untuk pergantian oli transmisi motor maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 KM
  5. Periksa Kondisi Aki dan Busi
    2 komponen motor ini harus tetep di jaga agar performance motor tetep stabil selain itu agar tidak mudah mogok saat berkendara baik perjalanan jauh atau pendek. Busi motor juga sangat berguna untuk motor matic agar tetap melaju dengan kecang, jika komponen aki dan juga busi tidak berfungsi sebagai mestinya maka segera ganti dengan yang baru usahakan dari bengkel yang resmi.
  6. Periksa Roler dan Ventbelt.
    Jika pada motor bebek maka yang di check adalah rantai motor dan gear, sedangkan untuk motor metic anda harus melakukan pengecekan pada roler dan ventbelt. Jika saat anda check dan sudah dalam keadaan tidak layak pakai tentunya anda bisa usahakan untuk menggantinya dengan yang baru kalau bisa standard (orisinil)
  7. Ganti Oli Shockbreaker.
    Oli juga bukan hanya terdapat pada mesin motor , tapi oli juga terdapat pada shockbreaker nah hal tersebut juga perlu adanya pergantian tujuannya tidak lain agar shock motor tetep berfungsi sebagai mana mestinya. Oya untuk pergantian sendiri Shock Motor bisa diganti setiap motor mencapai 10000KM.
  8. Gunakan Bensin Berkualitas.
    Tidak jarang ada saja orang orang yang menjual bensin campuran , meskipun tidak banyak tapi anda harus berhati hati. Kualitas bensin sangat mempengaruhi kualitas mesin motor anda , sebaiknya untuk mengisi bensin motor carilah tepat yang dikelola oleh pemerintah (pom) atau tempat tempat penjual bensin yang memang sudah dipercaya. Karena apa bila yang di jual bensin murni maka akan mengakibatkan motor aman tapi sebaliknya jika bukan bensin murni tentunya akan mengakibatkan bahaya bagi motor kita.

Nah bagaimana..? Cukup mudah bukan , jika anda terus melakukan perawatan dengan baik maka motor matic yang anda miliki akan terjamin awetnya .

Demikian informasi yang membahas mengenai 8 Tips dan Cara Merawat Motor Matic Agar Awet,semoga bermanfaat.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK