NEWS
DETAILS
Jumat, 09 Feb 2024 10:28 - Honda Bikers Aceh
Saat standar samping ( Cagak ) sepeda motor diturunkan atau sedang posisi diaktifkan maka mesin motor tidak bisa dihidupkan, buat apa sih fitur ini ?
Nah…fitur keselamatan yang pada awalnya banyak terpasang di jenis sepeda motor besar ( Bigbike ) ini sekarang sangat lazim kita temui terpasang di sepeda motor tipe matic. fitur ini disebut dengan istilah *“Side Stand Switch”* (Teknologi di Honda). 
 
Seperti kita ketahui bersama standar samping ( Cagak ) adalah alat bantu untuk menjaga sepeda motor tetap berdiri ketika diparkir, kenyataan nya masih banyak orang yang lupa menaikkan standar samping ketika hendak berkendara, dan ternyata berkendara dengan posisi standar samping turun akan sangat berbahaya serta berpotensi buat terjatuh ketika kita menikung ke kiri. Karena ketika standar samping akan membentur jalan yang membuat roda belakang kehilangan traksi akibat hilangnya cengkereman ban terhadap permukaan jalan.
 
Ada juga kasus dimana ada anak kecil yang terjatuh saat duduk diatas motor dengan posisi standar samping terpasang. Karena motor masih hidup ( matic generasi pertama ), sang anak iseng membuka atau putar grip gas, maka berjalanlah sepeda motor tersebut dengan tidak terkendali dalam posisi si anak duduk diatasnya. “Tentu saja hal ini sangat berbahaya dan diharapakan tidak menimpa anggota keluarga yang kita cintai“. Ucap Sdr. Iskandar yang berprofesi sebagai Safety Riding Instructor Honda dari Main Dealer PT. Capella Dinamik Nusantara.
Dari masalah ini maka Honda lebih dulu membuat suatu inovasi untuk memastikan motor tidak bisa dihidupkan saat standar samping terpasang, sehingga ini bisa mengantisipasi pengendara lupa atau lalai dalam penggunaan standar samping.
 
#Cari_Aman saat naik motor.
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK